Technologi

Performa dari MAC Mini M1

Ulasan singkat

Pada kali ini saya akan membahas Mac Mini M1 yang di luncurkan oleh Apple pada tahun 2020. Menggunakan Prosesor M1 buatan Apple sendiri mengeklam bahwa prosesor yang di buatnya memiliki peforma yang cepat dan kinerja yang baik.

Chip super. Grafis spektakuler. GPU 8-core di dalam chip M1 adalah prosesor grafis paling canggih yang pernah kami buat sejauh ini. Menghadirkan grafis terintegrasi paling cepat di dunia dalam sebuah komputer pribadi pada Mac mini, dengan lonjakan performa grafis 6x lipat. Ini tenaga yang luar biasa besar — dalam GPU yang bentuknya sangat ringkas.

Related Articles
Menurut situs resmi Apple

Neural Engine 16-core. Genius di balik semua pengoperasian. Pembelajaran Mesin (ML) menghadirkan kecepatan dan otomasi dalam berbagai pekerjaan, seperti analisis video, pengenalan suara, pengolahan gambar, dan lainnya. Dan chip M1 dilengkapi dengan Neural Engine 16-core serta teknologi pembelajaran mesin menyeluruh, mengubah Mac mini menjadi komputer bertenaga untuk pembelajaran mesin.

Menurut situs resmi apple

Dengan neural engine yang di sebut-sebut memberi kan pengaruh tentunya. Mac Mini 2020 memiliki dua versi yang masuk secara resmi masih yang versi RAM 8GB dan Prosessor M1 dan Penyimpanan sebesar 256GB. Untuk versi yang menggunakan Prosessor Intel Ram 16GB dan penyimpanan 1TB-2TB belum masuk secara resmi di indonesia dan harus menunggu jika membelinya. Terlebih lagi untuk membeli yang versi prosessor M1 saja juga hampir sama. Beberapa youtuber juga mengaku menunggu untuk membelinya karena barang memang masih sedikit sulit untuk di dapat. Selain itu Mac Mini nampaknya di Indonesia sendiri jarang peminatnya.

Sepesifikasi singkat

Spesifikasi DasarModel ProsesorApple M1 chip
CPU Cache8-core CPU with 4 performance cores and 4 efficiency cores
Model GPU8-core GPU
16-core Neural Engine
Memori & PenyimpananRAM8GB , 16GB
Tipe PenyimpananSSD
SSD/eMMC240GB , 256GB , 512GB , 1.5TB
NetworkEthernet10/100/1000BASE-T Gigabit Ethernet (RJ-45 connector)
WiFi802.11ax Wi-Fi 6 wireless networking
IEEE 802.11a/b/g/n/ac compatible
KonektifitasKonektifitasHDMI , Bluetooth , Thunderbolt , USB3.1
SoftwareOSMac OS
OS VermacOS Big Sur
BateraiPower SupplyLine voltage: 100–240V AC

Frequency: 50Hz to 60Hz, single phase

Maximum continuous power: 150W
UkuranDimensi3.6 x 19.7 x 19.7 cm (1.4 x 7.7 x 7.7 in.)
Berat1.2 kg (2.6 pounds)
Sepesifikasi Mac Mini 2020 M1

User Personal Comment

Untuk di gunakan di bidang design baik 2D dan 3D prosesor yang di sajikan cukup menarik. Tapi masih ada yang saya ragukan untuk menggunakan Mac Mini M1 ini di lini pengguna user yang bergerak di bidang 3D modeling. Mengingat untuk beberapa software di mungkinkan mendapat peforma yang kurang. Misal di 3D MAX dan Blender mungkin akan sedikit memberi kepuasan dengan nilai 7. Untuk di bidang editing Video tak di ragukan lagi sih apa lagi mengingat begitu Sistem Oprasi menggunakan OS Buat apple yang disupport Finalcut Pro. Sedangkan untuk design 2D menjalankan software seperti Autodesk Sketchbook dan Krita. Masih lancar dan mampu. Untuk Bermain game di lansir dari situs resmi di rasa mampu tapi yah untuk penggunaan pribadi saya gak menggunakan untuk bermain game.

Harga

Untuk harga berkisar di angka 13Jt untuk versi M1 Ram 8GB Storage 256GB. Untuk versi di atasnya masih belum jelas mengingat harga di tiap toko berbeda dan barang belum masuk secara resmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Anda menggunakan pemblokir iklan