NewsSoftware & AppsTechnologi

“Good Bye” Google Play Musik

Pada tahun 2020 Google Play Musik 

Google akhirnya menutup Google Play Music Store, mengakhiri penjualan MP3 yang dapat diunduh. Langkah tersebut telah diumumkan pada bulan Agustus setelah transisi Google yang lama dan terkadang menyakitkan ke penawaran Musik YouTube khusus streaming baru , meskipun opsi untuk mengunggah perpustakaan Anda sendiri tetap ada. Aplikasi Google Play Musik tetap aktif untuk sebagian besar, tetapi aplikasi itu juga akan ditutup dalam beberapa minggu mendatang, dengan penutupan penuh, secara global pada akhir tahun.

 

Sementara sebagian besar orang telah pindah ke media streaming – dari YouTube Music, Spotify, atau layanan streaming lainnya yang semakin beragam, masih ada beberapa orang yang lebih suka “memiliki” file fisik – dan pilihan mereka semakin menipis, cepat. Jangan khawatir, kami membantu Anda. Berikut adalah beberapa layanan pengunduhan musik favorit kami yang masih ada:

7 Digital

Selain menawarkan toko musik untuk berbagai klien label putih termasuk Samsung dan Onkyo, 7Digital masih menawarkan toko bermerek yang tersedia secara global yang menawarkan rilis label besar dan independen – sebagian besar dalam 320kbps, beberapa bahkan di FLAC dengan biaya tambahan. Aplikasi Android adalah salah satu yang lebih baik di luar sana, menjadikannya tempat yang bagus untuk memulai jika Anda belum siap untuk beralih ke streaming.

eMusic

Meskipun eMusic adalah salah satu layanan yang bertahan paling lama, ia telah menderita campuran pengabaian, restrukturisasi, dan yang paling mencolok dari semuanya, kehilangan kesepakatannya dengan label besar. Jika Anda mencari musik baru dari artis yang akan datang, itu masih bagus, tetapi jangan berharap menemukan album Taylor Swift baru. eMusic paling murah dengan langganan, yang memberi Anda kredit untuk dibelanjakan setiap bulan, meskipun ‘a-la-carte’ juga tersedia. Ini adalah opsi bernilai bagus untuk penemuan dan bahkan menawarkan loker cloud, tetapi bukan merupakan opsi untuk layanan “pengemudi harian” dan aplikasinya sangat mendasar.

Amazon Music

Meskipun saat ini layanan streaming utamanya adalah, Amazon Music masih menjual mp3 untuk diunduh. Meskipun memiliki salah satu rentang terluas di luar sana (seperti yang Anda duga), file hanya disajikan hingga 256mbps. Kebanyakan orang tidak akan menyadarinya, tetapi audiophile tidak akan puas. Seperti kebanyakan aplikasi Amazon, penawaran Android cukup apik dan itu saja mungkin cukup untuk meyakinkan Anda bahwa ini adalah cara yang tepat. Yang juga perlu diperhatikan adalah Anda tidak lagi dapat mengupload musik Anda sendiri, jadi sebagai pengganti Google Play Musik, ini bukan permulaan.

Bandcamp

Di antara persembahan indie acak eMusic dan layanan serba menyanyi, hadir Bandcamp . Yang kami sukai dari mereka adalah Anda sering berurusan langsung dengan artisnya – tidak ada label rekaman yang mengambil keputusan. Faktanya, selama pandemi, Bandcamp telah melepaskan komisinya sendiri dan menyerahkan semua hasil kepada para musisi. Anda tidak akan menemukan semua artis di sini, tetapi Anda akan sering menemukan tindakan hebat menggunakan layanan ini, banyak di antaranya berdasarkan “bayar apa yang Anda bisa”. Semua unduhan ditawarkan dalam format pilihan Anda – variabel, tetap dan ya, FLAC ditawarkan sebagai standar. Jika ini yang Anda inginkan, ini pasti cara yang tepat.

Atau….

Jika Anda tidak keberatan dengan pendekatan yang lebih rumit, mengapa tidak membeli CD dan menyalinnya? Anda mendapatkan kendali penuh atas formatnya, dan cukup sering, Anda dapat mengambil CD bekas di Amazon atau eBay dengan harga murah. Kemudian, Anda dapat menyimpan file di perangkat Anda, atau di cloud. Ada banyak aplikasi pemutar musik Android yang dapat mengakses file dari layanan seperti Google Drive, Dropbox, dan Box. Cloudbeats dan DoubleTwist adalah contoh bagus yang menawarkan banyak fitur Google Play Musik. Saat Anda telah merobek CD, Anda selalu dapat menjualnya lagi! (meskipun periksa hukum setempat – beberapa wilayah tidak mengizinkan ini).

Satu hal lagi

Jika Anda memiliki musik yang disimpan di Google Play Musik, Anda hanya memiliki waktu 30 hari sejak penutupan di wilayah Anda untuk mentransfernya ke YouTube Music, atau mengunduhnya dengan Google Takeouts. Jangan sampai kehilangan koleksi musik Anda

 

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button