Software & AppsTechnologi

Animasi 2D Blender

Hay hay wah wah lama gak nulis nih dan ngisi ini website. Nah kali ini akan memuat tentang animasi sederhana yang bisa di buat dari software Blender 3D. kenapa harus menggunakan Blender ? yah karena ini program yang gratis alias gak berbayar dan cukup menarik untuk di ulas karena fiturnya lumayan lengkap. Kalian bisa download di situs resminya.

www.blender.org

Sejarah singkat Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa.

Setelah diamati lebih dalam ternyata Blender ini memiliki potensi untuk digunakan oleh artis-artis di luar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita-cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah perangkat lunak animasi 3D yang padat, lintas platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat pengguna komputer yang umum.

Sayangnya cita-cita nya NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. pada tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan perangkat lunak komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar perangkat lunak ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Penutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.

Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu dan zaman begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi nirlaba yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek sumber terbuka. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang di bawah syarat–syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.

Dikutip berdasarkan wikipedia dan di situs resmi Blender 3d

Blender 3d tersedia untuk system oprasi Windows,Linux, dan Mac OS. Karena software ini gratis maka banyak juga antusiasme masyarakat yang khususnya meminati dunia animasi dan 3D. Berdasarkan perkembangannya blender mengalami perubahan UI&UX di versi 2.80 yang pada versi sebelumnya terkesan rancu dan minim icon buat user baru tentunya sedikit kesulitan, namun untuk versi 2.80 ke atas sudah memiliki icon UI UX yang menarik.

Bahkan selain di gunakan untuk 3D juga dapat di gunakan untuk membuat animasi 2D. Bahkan juga dapat di gunakan untuk membuat visual effek.

Tampilan Blender 2.81
PengembangBlender Foundation
Rilis perdana1995
Rilis stabil2.83 / 3 Juni 2020; 31 hari lalu[1]
Repositorigit.blender.org/gitweb/gitweb.cgi/blender.git
Bahasa pemrogramanC, C++, dan Python
Sistem operasiMicrosoft Windows, Mac OS X, Linux, dan FreeBSD
JenisGrafika komputer 3D
LisensiGPL
Situs webwww.blender.org

Hasil buatan Dik’s
3D simpel Model

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button