Bisnis

Perkembangan E-commerce “Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?”

Hay sahabat Dik’s apa kabar hari ini? Oh ya kalian masih sehat? Semoga saja diberikan kesehatan di tengah Pandemi COVID-19. Kali ini saya akan mengangkat topik seputar perdagangan online atau bisa disebut kegiatan aktivitas jual beli di zaman sekarang yang serba online. Siapa disini yang belum pernah tau soal jual beli barang lewat internet? Tentunya kalian tau dan juga mungkin ngerasain kemajuan perkembangan ini bukan. Malah mungkin ada kalik dari kalian yang kerja di dunia jual beli online yang di sebut dengan istilah E-commerce ini. Nah sekarang di permudah lagi dengan seiringnya berkembangnya dunia technologi di sector telefon genggam. Dimana tentunya mempermudah untuk mengaksess internet di genggaman. Salah satunya di mana yang paling terasa itu di perkembangan Android dimana banyak aplikasi-aplikasi yang turut mendukung sebagai alat bantu melakukan aktifitas atau kegiatan jual beli online. Alau dulu sih masih kebanyakan menggunakan komputer kalau gak begitu menggunakan laptop. Mungkin memang yah seiringnya zaman perubahan pun semakin mempermudah. Nah kalau dulu sih saya pribadi pernah melakukan kegiatan jual beli online di salah satu website popular seperti Ebay dan Amazone. Namun sekarang di permudah tuh dengan apps yang makin banyak pilihan buat ngelakuin kegiatan E-commerce.

          Ngomong-ngomong perbedaan nya singkatnya apa ? nah gini kalau dulu sih untuk kita yang mau beli barang secara online kendalanya lumayan banyak dimana kita harus ke warnet bagi yang gak punya computer dan gak langganan jaringan internet ISP. Di lain sisi juga dulu rawan penipuan juga soalnya kita melakukan transaksi online jual beli itu di tuntut saling percaya ajah. Ketika dimana uang suadah di transfer dan penjual pun harus mengirim nomor pengiriman. Macam begitu kadang ada yang ngalamin dimana uang sudah di transfer tapi penjualnya kabur. Nah nih ngomong-ngomong soal marketplace disini yang sekarang saya pribadi gunain ada banyak jumlahnya ada 3 1.Tokopedia 2.Shopiee dan 3.Bukaklapak. Kenapa saya suka apps itu karena sih selain aman transaksi jual beli juga mudah. Selain itu juga sih sekarang merebak di penjual sosmed seperti Facebook dan Instagram. Nah gimana hal ini tentunya mempermudah di sector perekonomian bukan? Namun karena banyaknya urangnya pengetahuan banyak orang yang ragu dengan hal itu. Contohnya saja di sekitar kita pasti ada saja orang yang takut untuk beralih ke online karena takut dengan minimnya pengetahuan soal online-online. Ditambah lagi banyak tindak kriminalitas seperti kasus-kasus penipuan juga. Pada sejarahnya sih marketplace pertama itu ramai pada tahun 1995 yang menjadi ramai dan banyak penggunanya di belahan dunia. Amazone adalah salah satunya dan Ebay juga popular saat itu.

              Selain itu juga pada tahun selanjutnya mulai rame di bidang dunia perbankan online atau bisa disebut dengan E-banking juga E-money. Dimana itu mempermudah juga untuk melakukan pembayaran saat melakukan jual beli online. Nah secara ringan ulasan sih website yang bergerak di dunia e commerce juga banyak dan hal itu di nilai memberi dampak pilihan yang bervareasi. Namun mulai berkembangnya makin kesini-makin kesini website di jadikan tempat sebagai iklan. Selain itu juga di gunakan untuk memperkenalkan sebuah produk barang produsen kepada konsumen. Nah tak banyak yang tau juga bagai mana untuk kelangsungan ekosistem yang terjadi di dunia e commerce yang merebak di web sudah muncul trobosan baru yaitu aplikasi marketplace di website juga salah satunya woocomerce yang terkenal sebagai salah satu plugin di CMS terkenal seperti Wordpress. Hal ini menjadikan konsumen lebih selektif dalam memilih marketplace yang akan digunakan. Namun dari segi aplikasi mobile seperti yang lagi popular dengan pembayaran menggunakan uang elektronik atau di sebut E-money. Dimana kegiatan jual beli di lakukan melalu jasa perantara selain lebih aman juga lebih terpercaya dalam memilih seller atau penjual.

             Jika kita telaah dari salah satu tulisan di Wikiedia nih webise itu lebih ke perorangan jadi kalau pun di gunakan untuk jual beli online sih tentunya bagus namun kendala seperti yang di atas itu tadi susah kendalanya. Namun kebanyakan website yang memulai dengan cara seperti itu adalah UKM-UKM yang sudah melek teknologi Ownernya alias pemilik usaha UKM. “Situs web adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Wikipedia” Nah dari situ makanya terlalu sulit untuk di gunakan personalan dimana kurangnya tenaga pekerja yang membangun sebuah website buat UKM. Nah maka dari itu sekarang banyak yang gunain Marketplace yang berbasis mobile. Menurut saya pribadi nih saya yang tergolong tau dan bisa gunain website saya asa pun kurang maksimal jika kita belum bisa memaksimalkan di sector pengisian konten isi website. Selain itu kita di tuntut untuk bisa mengolah kata yang akan di sajikan di website pribadi yang entah mau di jadikan sebagai sarana tempat iklan untuk menjual produk. Pengguna biasanya lebih condong ke sesuatu yang mudah di gunakan sih. Tapi juga banyak kok sekarang penyedia layanan hosting yang juga menyertakan jasa pembuatan website. Di samping itu perlu di ketahu juga nih website itu banyak jenisnya. Tak heran sekarang perkembangnya semakin pesat karena juga memberikan banyak keuntungan promo diskon dan lain-lain.

Jenisnya di golongkan sebagaiberikut:

Company Profile
Toko Online
Blog
Web Portal
Search Engine
Forum
Sosial Media
Katalog
Dll
              Indonesia juga urut andil dalam bidang perkembangan website. Banyak yang digunakan oleh instansi pemerintahan dan digunakan oleh public. Nah di tengah tumbuhnya perekonomian di ranah serba online. Di Indonesia sendiri, kita sudah memiliki beberapa marketplace lokal terkenal seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kedua marketplace ini sudah sangat sukses di Indonesia sampai mereka menjadi 2 dari 4 Startup Unicorn di Indonesia. Sudah dua decade perkembangan dunia marketplace membawa perubahan ekonimi. Bagai mana menurut kalian disini lebih effektif menggunakan mana ? tergantung pribadi masing-masing. Sinergi keduanya jika di padukan beriringan juga akan membawa dampak positif di industry perekonomian kelas mikro sampai makro. Maka dari itu penggunaan internet sekarang enggan bisa terlepas dari sebagian orang pengguna yang bisa merasakan perkembangan dunia aksess internet. Hal ini tentunya sedikit terkenedal jika di pelosok-plosok desa yang dimana internet belum bisa terjangkau dengan perangkat mobile. Selain itu dunia marketplace apps mobile memberikan kemudahan seperti kita hanya perlu memfoto produk yang akan kita jual. Tak lupa juga di erikan keterangan barang meliputi sepesifikasi cara guna juga di pergunakan untuk siapa alias kalangan mana target pasarnya. Katalog-katalog yang di usung di web sama marketplace yang di apps mobile mirip dan jika di amati Cuma beda platform saja. Hal ini apalagi mempermudah kita untuk tidak perlu keluar rumah untuk melakukannya. Di tengah pandemi COVID-19 ini apa lagi yang tentunya membatasi kita untuk keluar rumah. Lockdown dan PSBB membatasi untuk keluar rumah karena memutus mata rantai penyebaran Virus COVID-19 ini.

      Kalau disuruh memilih sih saya menggunakan media ini sebagai alat bantu untuk kegiatan jual beli barang dagangan saya yah bisa memperbaiki keuangan disamping pekerjaan samnpingan saya pribadi. Jadi mempermudah sekali saat kondisi seperti ini. Namun perlu di catat harus menggunakan juga E-banking sebagai transaksi biar mudah gak perlu keluar rumah untuk mengecheck uang yang masuk di rekening. 

        Jadi sih saran untuk yang mau memulai usaha di tengah situasi macam ini mungkin ada baiknya di lakukan secara online. Mulai dari jual makanan online,Jual barang kebutuhan pokok Online,dan sebagainya. Nah menurut Dik’s sendiri sih artikel ini sudah cukup untuk membahas beberapa topik yang menjadi problem. okay segini saja artikel dari Dik’s dan terima kasih atas kunjungannya juga waktunya untuk mampir membaca tulisan Dik’s in. Semoga kalian tetap sehat di tengah bulan ramadhan yang melakukan ibadah puasa. semoga diberi kesehatan dan di hindarkan dari COVID-19. Okay thank’s Terima kasih……..

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button