Kitchen

Daging Bumbu lapis ala Hara Kitchen

Hay sahabat Dik’s apa kabar ? semoga masih di beri kesehatan hari ini. Nah kali ini saya akan membahas dan mengupas resep makanan favorit saya. Menurut pendapat pribadi kalau makan ini tuh rasanya kayak mudik gitu. Yahh soalnya bagaimana lagi. Lagi jauh di perantauan kangen masakan ala-ala nyokap yang biasanya masak makanan favorit ku. Nah makanan ini tuh banyak di jumpai di warung atau wartegyang ada di jawa timur.

Karena di jawa timur itu makanannya terkenal dengan rasa pedas dan agak sedikit manis. Selain itu resep satu ini terbilang cukup mudah di temui di pasar,swalayan,minimarket,dan sebagainya. Namun menurut pendapat pribadi sih masakan ini enak apabila sudah 2 hari alias emmm semacam ndalu istilah jawanya orang jawa sebut. karena menurut saya pribadi kuahnya makin kental dan bumbu meresap sampai dalam karena proses penghangatan atau di enget kata orang jawa bilang. Emmmm makanya tuh kayak begitu.

Related Articles

Daging yang digunakan pun bisa daging Sapi,Kambing,Domba,dsb. Tapi kalau masalah selera sih menurut saya nih pas itu di daging bagian daging tanpa lemak. Okay tanpa panjang lebar berikut resep dan juga cara masaknya dibawa ini.

Bahan:
1. Daging sesuai selera 500g
2. Santan kental 1 gelas
3. Kecap manis 3 sendok makan
Bumbu halus
1. Bawang merah 15 butir
2. Bawang putih 7 butir
3. Kemiri 5 butir
4. 1 ruas jari jahe
5. 1 ruas jari kunyit
6. 1 ruas jari lengkuas
7. Cabe besar 3 buah (sesuai selera)
8. Cabe kriting 6 buah (sesuai selera)
9. Tumbar secukupnya
10. Merica secukupnya
Bumbu cemplung
1. 1 butir cengkeh
2. Daun salam
3. Sere (geprek)
4. Asam jawa sedikit
Penyedap :garam gula MSG(sesuai selera)

Cara memasak:
1. Iris tipis daging lalu cuci dan tiriskan
2. Masak air sampai mendidih lalu masukan daging
3. Haluskan bumbu lalu tumis bersama bumbu cemplung,Sere,daun Salam,asam jawa & mrica yang sudah di halusan tambahkan juga penyedap rasa/MSG sesuai selera juga garam serta gula.
4. Setelah bumbum harum,masukan cengkeh,kecap daging,aduk sebentar lalu campurkan santan tunggu sampai santan mengental dan meresap ked aging. Jangan lupa icipi rasanya.
5. Masakan sudah siap bila terlihat mengeluarkan minyak dan siap disajikan.

Nah gimana mudah bukan buatnya ? nah selamat mencoba semoga berhasil membuatnya yah…… nah sampai di sini terlebih dahulu terima kasih atas kunjungannya juga waktunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Anda menggunakan pemblokir iklan